M U K A D D I M A H

M U K A D D I M A H : Sesungguhnya, segala puji hanya bagi Allah, kita memuji-Nya, dan meminta perlindungan kepada-Nya dari kejahatan diri kami serta keburukan amal perbuatan kami. Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka tak ada yang dapat menyesatkannya. Dan Barang siapa yang Dia sesatkan , maka tak seorangpun yang mampu memberinya petunjuk.Aku bersaksi bahwa tidak ada Rabb yang berhak diibadahi melainkan Allah semata, yang tidak ada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad shalallahu’alaihi wa sallam adalah hamba dan utusannya.

Rabu, 22 September 2010

BERSYUKUR BUKAN DENGAN SYUKURAN




O l e h : Abu Farabi al-Banjar

Sudah merupakan suatu kelaziman yang mengakar ditengah-tengah masyarakat muslim di negeri ini dan terjadi dimana-mana dan semua orang pasti mengenal dengan sebuah sebutan “ syukuran “, sebuah istilah yang ada dinegeri ini dan dikaitkan sebagai sebuah bentuk dari aplikasi rasa syukur.

Hampir semua apa saja dari setiap yang dianggap sebagai suatu kenikmatan berupa kebahagian yang ditunjukkan dengan rasa bersyukur kepada zat yang telah memberikan kenikmatan dan kebahagian dituangkan atau diimplementasikan oleh banyak kalangan umat muslim dengan pelaksanaan syukuran.

Fenomena syukuran yang dilakukan oleh banyak orang sudah menjadi bagian dari kehidupan mereka dan malah dianggap sebagai label yang islami, karena di dalamnya tidak pernah lepas dari ritual pembacaan doa yang dipimpin bahkan tidak sedikit oleh mereka-mereka yang dikatakan sebagai ulama setempat.

Semua orang pasti dan tidak dapat diingkari pernah mendapatkan undangan dan menghadiri acara syukuran, atau undangan dengan sebutan selamatan atau dinamai juga sebagai kenduri, seperti syukuran peringatan kelahiran atau ulang tahun, syukuran sembuh dari sakit , syukuran mendapatkan kenaikan pangkat atau jabatan, syukuran karena lulus dalam ujian disekolah, syukuran atas keberhasilan mendapatkan gelar, syukuran menempati rumah baru, syukuran isteri yang baru melahirkan, syukuran membeli kendaraan baru. Dan berbagai ragam bentuk acara syukuran yang banyak sekali dan tidak dapat disebutkan satu persatu dalama a rtikel ini karena akan memerlukan halaman yang banyak. Dan bahkan mungkin saja diantara pembaca pernah melakukan acara syukuran atau yang sejenis dengan mengundang sedikit orang berupa sanak keluarga atau tetangga, bahkan dengan jumlah undangan yang cukup banyak , yang tentunya tidak pernah lupa menyediakan makanan segala.

Yang sekarang lagi trend merebak dimana-mana yang dilakukan oleh sebagian orang-orang yang akan menunaikan haji, sebelum berangkat mereka terlebih dahulu mengadakan acara kenduri syukuran dengan mengundang seluruh keluarga, tetangga, dan para kerabat serta seluruh kenalan meskipun jauh tempatnya. Mereka membuat acara kenduri syukuran yang layaknya seperti acara perkawinan dengan membuat taruf atau tenda besar didepan rumahnya dengan hidangan makanan bermacam-macam yang menggugah selera. Bahkan tidak ketinggalan disajikan hiburan dalam bentuk rekaman qasidah atau nasyid dengan suara yang sangat keras sekali.

Acara syukuran atau kenduri yang sudah merakyat dari lapisan bawah sampai kelapisan atas, dari kalangan awam sampai kalangan yang berilmu, tidak saja dilakukan oleh orang-orang secara invidu/keluarga, tetapi banyak pula yang dilakukan secara berjama’ah ramai oleh orang-orang sekampung.Perhatikanlah betapa banyak pesta-pesta atau syukuran yang dilakukan oleh suatu kampung yangh ditayangkan oleh berbagai media televisi. Ada syukuran pasca panen, syukuran bersih desa, ada syukuran dalam bentuk pesta laut. Semua dilakukan oleh mereka, yang konon katanya sebagai ungkapan rasa syukur kepada penguasa bumi dan penguasa laut yang telah memberikan rezeki berupa hasil bumi dan hasil laut, dengan memberikan sesajen dan bentuk makanan dan buah-buah bahkan hewan ternak agar para penguasa alam berupa dewadewa dan jin tidak marah .

Syukuran Ditinjau Dari Kacamata Syari’at.

Seperti yang telah disiggung diatas bahwa hajatan kenduri syukuran yang juga dikenal dengan sebutan selamatan, oleh sebagian kalangan umat islam dikaitkan hal-hal yang bersifat ibadah, yaitu sebagai bentuk implementasi pernyataan rasa syukur kepada Allah Yang Maha Pencipta, atas segala bentuk kenikmatan dan berbagai anuggerah yang dilimpahkan-Nya .

Namun perlu dicermati apakah syukuran yang dikenal luas dikalangan umat islam itu adalah merupakan suatu bentuk pelaksanaan dari petunjuk baik yang ada dalam al-Qur’an maupun as-sunnah Rasullulah shalalahu ‘alaihi wasallamyamng harus dijadikan panduan dalam melakukan sesuatu yang terkait dengan kepentingan agama. Apakah syukuran itu ada dalil atau hujjah yang dapat dipakai sebagai dasar hukumnya, karena sesuatu ibadah itu dalam islam harus didasarkan kepada adanya perintah, suruhan dan contoh dari Rasullulah shalalahu ‘alaihi wasallam, atau setidaknya pernah dilakukan oleh kalangan para sahabat radhyallaahu anhum, para tabi’in dan tabi’ut tabi’in rahimahulllaah. Kalau tidak ada perintah, suruhan, atau contohnya maka perbuatan itu adalah termasuk perbuatan mengada-ada atau menambah-nambah yang dilarang keras untukdilakukan oleh umat islam. Dan pelakunya atelah melakukan pelanggaran syari’at yang diancam mendapatkan sanksi hukuman.

Dari seluruh hadits yang diriwayatkan oleh para muhadistin ,baik yang maudhu, dhaif, maupun hasan tidak ada satupun yang menyebutkan adanya syukuran tersebut, apalagi hadits yang shahih sama sekali tidak pernah menyinggung dan membicarakan tentang syukuran tersebut.

Nabi Muhammad Shalalahu ‘alaihi wasallam sebagai Rasullulah yang diutus menyampaikan risalah Islam oleh Allah Subhanahu Wata’ala dalam bentuk syari’at, telah memberikan informasi yang lengkap dan sempurna tentang bagaimana seharusnya sepak terjang, tingkah polah dan prilaku umat manusia terhadap Allah Subhanahu Wata’ala . Islam telah mengajarkan dan memberitahukan segalanya kepada makhluk yang namanya manusia, apa yang harus dilakukan berupa segala perintah yang harus dilakukan dan segala sesuatu yang sifatnya larangan. Ini sesuai dengan firman Allah Subhanahu Wata’ala dalam al-Qur’an surah al- Ma’idah ayat 3 :

“Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.”

Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat dalam buku beliau “ Risalah Bid’ah “ dalam bab Kesempurnaan Islam mengemukan tentang ayat tersebut diatas : “ dalam ayat yang mulai ini, Allah menegaskan b ahwa agama ini ( al Islam) te;ah sem[urna dan lengkap, yang tidak memerlukan sedikit pun tambahan dan pengurangan, apapun bentuk dan alasannya dari tambhan-tambahan tersebut meskipun disangka baik atau dari siapa saja datangnya meskipun dianggap besar oleh sebagian manusia, adalah satu perkara besar yang sangat dibenci oleh Allah dan Rasul-Nya. Akan tetapi sangat dicintai oleh iblis dan para pengikutnya.
Pelakunya , langsung atau tidak langsung, sadar atau tidak sadar, telah membantah firman Allah diatas dan telah menuduh Rasullulah shalalahu ‘alaihi weasallam berkhianat di dalam menyampaikan risalah.

Al-Qur’an sebagai acuan pokok dan standar atau landasan hukum yang pokok dalam syari’at islam bagi kaum muslimin , dilengkapi pula oleh as –Sunnah Rasullulah shalalahu ‘alaihi wasallam sebagai penjelasan dan penjabaran dari al-Qur’an, merupakan aturan rinci dan lengkap bagaimana seharusnya umat islam dalam beribadah dan bermuamalah, yang mengatur bagamaina umat islam dalam mengadakan kontak dengan Allah Sang Maha Pencipta ( hablumminallaah) dan berhubungan sesama manusia ( hablumminannasy).
Semua aturan sudah tercoper secara lengkap dalam as-sunnah Rasul dan tidak satupun yang tercecer atau terlupakan, dari hal yang paling kecil sekalipun dan sepele sampai kepada hal yang besar, semuanya ada diatur.
Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam ath Thabrani dikitabnya al-Mu’jamir Kabir dari Abu Dzar, ia b erkata :

“Rasullulah shalalahu ‘alaihiwasallam telah (pergi) meninggalkan kami (wafat) dan tidak seekorpun burung yang ( terbang) membalik-balkikan kedua sayapanya diudara melainkan beliau telah menerangkan ilmunya kepada kami.
B erkata Abu Dzar : Beliau shalalahu ‘alaihi wasallamtelah bertrsabda : “ Tidak tinggal sesuatupun yangmendekatkan (kamu) kesurga dan menjauhkan (kamu) dari neraka,melainkan sesunguhnya telah dijelaskan kepada kamu “

Dijelaskan oleh Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat bahwa maksud perkataan Abu Dazr diatas ialah: Bahwasanya Rasullulah shalalahu ‘alaihi wasallam telah menjelaskan kepada um,atnya segala sesuatu baik berupa perintah atau larangan atau kabar dan lain-lain. Untuk itu , Nabi shalalahu ‘alaihi wasallam telah bersabda :” Tidak tinggal sesuatu pun yang mendekatkan (kamu) ke surga dan menjauhkan (kamu) dari api neraka,. Mnelainkan sesungguhnya telah dijelaskan kepada kamu”. Oleh karena itu,barang siapa yang mencari jalan menuju jannah/surga dan menjauhkan dirinmya darinar/neraka tanpa mengikuti al-Qur’an dan as-Sunnah Nabi shallalahu ‘alaihi wasallam, maka sesungguhnya ia telah menempuh jalan yang tidak pernah dijelaskan oleh Allah dan Rasullnya.

Imam Muslim meriwayatkan sebuah hadits dari Salman al Faarisiy, ia berkata :


سَلْمَانَ قَالَ
قِيلَ لَهُ قَدْ عَلَّمَكُمْ نَبِيُّكُمْ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلَّ شَيْءٍ حَتَّى الْخِرَاءَةَ قَالَ فَقَالَ أَجَلْ لَقَدْ نَهَانَا أَنْ نَسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةَ لِغَائِطٍ أَوْ بَوْلٍ أَوْ أَنْ نَسْتَنْجِيَ بِالْيَمِينِ أَوْ أَنْ نَسْتَنْجِيَ بِأَقَلَّ مِنْ ثَلَاثَةِ أَحْجَارٍ أَوْ أَنْ نَسْتَنْجِيَ بِرَجِيعٍ أَوْ بِعَظْمٍ

Ditanyakan kepadanya, '(Apakah) Nabi kalian telah mengajarkan segala sesuatu hingga adab beristinja? ' 'Abdurrahman berkata, "Salman menjawab, 'Ya. Sungguh dia telah melarang kami untuk menghadap kiblat saat buang air besar, buang air kecil, beristinja' dengan tangan kanan, beristinja' dengan batu kurang dari tiga buah, atau beristinja' dengan kotoran hewan atau tulang'."

Dari riwayat diatas dapat disimpulkan bahwa para sahabat menegaskan kepada kita : Sesungguhnya Rasullulkah shalalahuy ‘alaihi wasallam telah mengajarkan kepada umatnya segala sesuatu tentang Agama Allah ini ( al Islam).baik aqwidah, ibadah dan lain-lain sampai kepada adab-adab buang air. Demikian yang dikutip dari penjelesan ustadz Abdul Hakim Amir Abdat.

Berdasarkan uraian diatas, maka apa saja yang tidak ada dalam al-Qur’an dan as-sunnah Rasullulah shalalahu ‘alaihi wasallam, maka ia bukan merupakan bagian dari agama, yang tentunya tidak boleh seorangpun melakukan sesuatu dalam beragamanya tanpa dilandasi dalil yang shahih. Meskipun itu menurut pikiran, akal, perasaan dan hawa nafsu sesuatu yang baik. Karena apa yang baik menurut akal, pikiran, perasaan dan hawa nafsu itu baik,belum tentu baik menurut syari’at, mungkin ia bahkan bertentangan dengan syari’at.Tetapi sebaliknya apapun yang dikatakan oleh syari’at b aik, maka mutlak dan pasti tidak akan pernah bertentangan dan ditolak oleh akal, pikiran, dan perasaan.

Muslim meriwayatkan sebuah hadits dari Jabir bin Abdullah diriwayatkan bahwa rasullulah shalalahu ‘alaihi wasallam bersabda :

أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللَّهِ وَخَيْرُ الْهُدَى هُدَى مُحَمَّدٍ وَشَرُّ ضَلَالَةٌ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ بِدْعَةٍ ثُمَّ يَقُولُ أَنَا أَوْلَى بِكُلِّ مُؤْمِنٍ مِنْ نَفْسِهِ مَنْ

: "Amma ba'du. Sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah Kitabullah, sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. Seburuk-buruk perkara adalah perkara yang diada-adakan dan setiap bid'ah adalah sesat."

Dari hadits tersebut dapat ditarik benang merahnya bahwa karena syukuran bukan bagian dari agama tetapi sesuatu yang diada-adakan maka ia disebut sebagai bid’ah, dan syukuran termasuk suatu perkara yang buruk dan dikatagorikan sebagai perbuatan yang sesat.

Meskipun didalam acara selamatan, kenduri, hajatan syukuran dengan mengundang banyak orang dan menyediakan hidangan berupa aneka makanan merupakan suatu kebaikan yang mendapatkan ganjaran pahala, namun tidaklah seharusnya untuk mendapatkan pahala itu harus dengan melakukan sesuatu yang mengandung suatu kemunkaran. Karena sesungguhnya sesuai dengan kaidah/ushul fiqih bahwa sesuatu yang dilarang itu hukum asalnya haram, maka mengingat perbuatan mengada-ada hal yang baru dalam ibadah( bid’ah) adalah perbuatan sesat yang terlarang, maka syukuran sebagai perbuatan yang mengada-ada tertsebut adalah suatu kemunkaran.

Satu catatan penting yang perlu mendapat perhatian secara khusus oleh kita kaum muslimin adalah syukuran yang didalam pelaksanaannya banyak sekali bertentangan dengan syari’at karena banyaknya terjadi berbagai kemunkaran dan malah bersifat kesyirikan, yaitu syukuran yang dilaksanakan secara massal oleh masyarakat seperti pesta laut dengan melarungkan sesajen kelaut sebagai persembahan kepada dewa dan penguasa laut yang telah memberikan rezeki berupa tangkapan ikan, dimana juga sebelumnya didahului dengan pawai yang diikuti kaum dewasa,muda, anak-anak, laki-laki dan perempuan campur baur dan yang perempuannya menampakkan auratnya berupa pakaian yang terbuka dadanya. Hal yang sama juga dilakukan dalam rangka syukuran selepas panen dengan melakukan ritual pesta bersih desa, dan tentunya juga tidak ketinggalan sesajen serta pertunjukan wayang semalam suntuk. Acara hajatan syukuran bersih desa dimaksudkan agar penguasa bumi memberikan perlindungan dari bagai malapetaka, dan juga harapan panenan hasil bumi dimasa yang akan datang berlimpah.

Coba disimak secara akal sehat, tidakkah hajatan syukuran seperti itu suatu kesyirikan, karena memberikan sesajen kepada para dewa penguasa bumi. Tidakkah itu merupakan prilaku menyukutukan Allah dengan yang lain . Kalau itu ditujukan kepada Allah, caranya juga telah menyalahi syariat, karena Allah tidak pernah meminta sesuatu dari hambanya berupa sesajen.



Bersyukur Sesuai Dengan Aturan Syari’at.

Di Dalam al-Qur’an terdapat cukupbanyak ayat-ayat yang menyebutkan tentang bersyukur antara lain dalam surah al-Baqarah ayat 152 :

. Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamudan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.

Juga dalam ayat lain , seperti yang tercantum dalam al-qur’an surah adh-Dhuha ayat 11 :

“ Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaknlah kamuy menyebut-nyebutnya ( dengan bersyukur ).

Selain itu dalam al-Qur’an surah Ibrahim ayat 7 Allah Ta’ala berfirman :
“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nimatku) kepadamu, dan jika kamu mengingkarai (nikmatku) maka sesungguhnya azab-ku sangat pedih “

Karena b ersyukur adalah suatu perintah yang termasuk sebagai sebuah ibadah, maka cara bersyukur haruslah pula sesuai dengan kaidah-kaidah syari’at, dimana untuk itu tidak diperkenan kan seorangpun untuk membuat ketetapan syari’at yang baru dalam beribadah tersebut, termasuk dalam cara melakukan syukur.

Mensyukuri nikmat yang diberikan Allah Subhanahu wata’ala adlah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh manusia, dan menurut Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullaah dalam buku beliau Tazkiyatun Nafs bahwa pujian tidak terjadi kecuali dengan adanyanikmat dan itu merupakan inti dari syukur dan awal dari bentuk kesyukuran. Dan mensyukuri nimatAllah tidak hanya cukup dengan memuji tetapi harus dibarengi dengan tindakan baik memuji-Nya dengan lisan yaitu berzikir, menggunakan nikmat tersebut dijalan yang diridhai Allah.

Perwujudan Syukur dengan Hati, Lidah dan Anggota Tubuh.

Ibnu Qudamah rahimahullaah dalam Kitab “ Minhajul Qashidin ( Jalan orang-orang Yang Mendapatkanh Petunjuk) mengemukakan : Perwujudan syukur bisa dengan hati, lidah dan anggota tubuh.Syukur dengan hati ialah bermaksud untuk kebaikan dan menyebarkankepada semua orang. Syukur dengan lidah ialah menampakkan syukur itu kepadaAllah dengan cara memujinya. Syukur dengan anggota tubuh ialah dengan mempergunakan kenikmatan dari Asllahuntuk ta’at kepada-Nya dan tidak menggunakannya untuk mendurhakai-Nya. Perwujudan syukur dengan mata ialah dengan menutupi aib yang dilihatnya pada diri orang Muslim lainnya. Perwujudan syukur telinga ialah dengan menutupi setiap aib yang didengarnya. Ini termasuk sejumlah syukur anggotya tubuh ini.

Lebih lanjut Ibnu Qudamah rahimahullaah menyebutkan : syukur dengan lidah ialah menampakkan keridhaan terhadap apa-apa yang dfatang dari Allah dan memang manusia diperintahkan untuk melakukannya. Rasullulah shallalahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“ Menceritakan kenikmatan adalah syukur dan meninggalkannya adalah kufur ( diriwayatkan oleh Ahmad ).

Cara Bersyukur.

Mengutip tulisan Ahmad Abu Ari dalam majalah Fatawa Vol.06.th.II 1425H.2004 bahwa diantara cara bersyukur yang dibangun atas ilmu adalah menyadari bahwa semua nikmat itu datang dari Allah Subhanahu Wata’ala semata. Sehingga sangat tidak masuk akal jika rasa syukur itu ditujukan kepada selain Allah atau menyelisihi syari’at, sebagaimana banyak yang dilakukan masyarakat. Termasukdidalam hal ini ialah tidak memahami keharamannya secara syar’i. Misalnya melakukan pesta , bersedekah bumi sesudah panen atau sedekah laut, berterimakasih kepada kuburan atau orang pintar, memaksakan diri melakukan selamatan jnika keinginanya terkabul. Contoh lainnya ialah syukuran dengan membaca surat tertentu dari al-Qur’an ( yasinan) dengan dzikiran yangb tidak ada contohnya dari Nabi shallalahu ‘alaihi wasallam.

Cara bersyukur dibangun atas amal, yaitu merasa senang dan gembira terhadap nikmat itu, serta melakukan perintah perintah Allah untuktidak bermaksiat dengan kondisi itu.

Sementara itu amalan b ersyukur ataskesehatan, ialah dengan menikmatinya,merasa senang dan memeliharanya dengan berolah raga, beristirahat dengan cukup, makan makanan yang halal dan tayyib dan sebagainya.
Harta selain dinikmati, juga digunakan untuk hal-hal yang makruf seperti untuk berzakat, bersedeqah,berinfak dan sebagainya. Termasu untuk menuntu ilmu, menghadiri majelas ta’lim, membeli buku-buku yang bermanfaat. Sedangkan nikmat kesempatan untuk hidup, tentulah tidak lain hanya melakukan ibadah kepada Allah Subhanahu Wata’ala, sebagaimana firman-Nya dalam al-Qur’an surah adz-Dzariyat ayat 56 :

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku”

Ditambahkan pula bahwa bentuk lain yang disyari’atkan dalam mengekspresikan rasa syukur adalah dengan melakukan sujud syukur . Hal ini sebagaimana yang dilakukan Nabi shallalahu ‘alaih wasallam. Dalam hadits marfu’ yang diriwayatkan oleh Abu Bakrah disampaikan bahwa:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَتَاهُ أَمْرٌ يَسُرُّهُ أَوْ بُشِّرَ بِهِ خَرَّ سَاجِدًا شُكْرًا لِلَّهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى

Jika datang suatu perkara yang menyenangkan atau menggembirakan Nabi Shalalahu ‘alaihi wasallam , beliau bersujud sebagai bentuk syukur kepada Allah Tabaraka Wata’ala.

Kapan Waktu Bersyukur.
Ahmad Abu Ari mengemukakan bahwa amalan bersykur hendaknya dilakukan pada segala kondisi. Tidak saja pada kondisi baik, sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah Ta’ala , tetapi juga pada kondisi yang buruk sekalipun; karena manusia masih memperoleh nikmat dari Allah Subhanahu Wata’ala yaitu kesempatan untuk hidup. Dengan kehidupan itu, seburuk bagaimana kondisinya dia tetap dapat beribadah kepada Allah Ta’ala. Ia juga dapat bersyukur dengan bersabar atas segala kondisi yang dihadapinya. Dengan melihat orang lain yang kebanyakan kondisinyha lebih buruk daripadanya, maka ia dapat mengungkapkan rasa syukujr dengan sebaik-baiknya atau setulus-tulusnya.

Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim dan Shuhaib radyhiallaah anhum, Rasullulah shalalahu ‘alaihi wasallam bersabda :

عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ
: "perkara orang mu`min mengagumkan, sesungguhnya semua perihalnya baik dan itu tidak dimiliki seorang pun selain orang mu`min, bila tertimpa kesenangan, ia bersyukur dan syukur itu baik baginya dan bila tertimpa musibah, ia bersabar dan sabar itu baik baginya."

Akhirul kalam, penulis mengajak kepada seluruh pembaca untuk bersyukur dengan cara yang disyari’atkan,tidak dengan cara melakukan kenduri, selamatan syukuran yang tidak ada pernah diperintahkan atau dilakukan oleh Rasullulah shalalahu ‘alaihi wasallam .

Wallaahu ta’ala ‘alam.

Sumber bacaan :
1. Al-Qur’an dan terjemahan, Departemen Agama R.I
2. Ensiklopedi Hadits , kitab 9 Imam CDHKJ91 Ver.1.2k Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.
3. Minhajul Qashidin ( Jalan Orang-Orang Yang Mendapat Petunjuk), Ibnu Qudamah.
4. Kemulian Sabar dan Keagungan Syukur, Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyah.
5. Madarijus Salikin (Pendakian Menuju Allah), Ibnu Qaiyyim Al-Jauziyah.
6. Manajemen Qalbu Ulama Salaf, Syaikh Dr. Ahmad Farid.
7. Risalah Bid’ah, Abdul Hakim bin Amir Abdat.
8. Majalah Fatawa Vol.06.Th II. 1425. 2004 M
Diselesaikan pada hari Kamis, 14 Syawal 1431 H / 23 Sewptember 2010, ba’da dhuha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar